Micro and Small Medium Enterprises (MSME) Digitilization Concept in Indonesia: an Inspiration from Taobao, Tiongkok
Abstract
Kondisi perekonomian desa yang tertinggal dari wilayah perkotaan menimbulkan berbagai masalah yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), antara lain tingkat kemiskinan yang tinggi (goal 1), kondisi tenaga kerja yang terpuruk dan rural-urban migration (goal 8), serta tertinggalnya industri dari perkotaan (goal 9). Banyaknya pelaku UMKM yang belum Go Digital dan kualitas SDM yang masih rendah menjadi salah satu pemicu adanya masalah SDGs. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Level Up-UMKM sebagai strategi dalam meningkatkan kualitas SDM dan menyelesaikan permasalahan SDGs melalui akselerasi digital. Studi ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Temuan dari penelitian ini adalah dengan pemanfaatan digitalisasi program Level Up-UMKM dapat memperluas pasar, mengetahui harga dan informasi pengembangan pasar sehingga akan tercipta sebuah iklim bisnis digital yang sehat untuk menyelesaikan masalah SDGs.
References
Anugrahini, A. dan T. (2019). Pengentasan Kemiskinan Perdesaan Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif, Pariwisata Dan Modal Sosial. Sosio Informa, 5(2), 113–127.
Aslan, Imelda, D. Q., & Yuliansyah. (2021). Pemberdayaan Pelaku Usaha Ekonomi Berbasis Digital Bagi Masyarakat Di Desa Ruhui Rahayu Dan Desa Gunung Sari Dan Desa Gunung Sari Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 2021.
Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi Optimalisasi Standar Kinerja UMKM sebagai Katalis Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Middle Income Trap 2045. Economics and Development Analysis, 1(1), 75–86. file:///C:/Users/User/Downloads/4856-Article Text-20462-1-10-20210509.pdf
Bariqi, M. D. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654
Bismala, L., Andriany, D., & Siregar, G. (2019). Model Pendampingan Inkubator Bisnis terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Medan. PUSKIBII (Pusat Kewirausahaan , Inovasi Dan Inkubator Bisnis ), 1(1), 1–7.
Boekoesoe, L., & Maksum, T. S. (2022). Optimalisasi Pembangunan Desa dalam Mewujudkan SDGs Desa. Jurnal Sibermas ( Sinergi Pemberdayaan Masyarakat ), 11(1), 209–218.
Chikmawati, Z. (2019). Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan Melalui Penguatan Sumber Daya Manusia. Jurnal Istiqro, 5(1), 101. https://doi.org/10.30739/istiqro.v5i1.345
Diah, Y. M., Siregar, L. D., & Saputri, N. D. M. (2021). Strategi Mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dalam Tatanan Normal Baru bagi Pelaku UMKM di Kota Palembang. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.32
Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143.
Endarwati, O. (2022). Ekonomi Pulih, Pertumbuhan E-Commerce Tembus 40 Persen di 2021. Idxchannel.Com.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122
Herwina, W., & Mustakim, M. (2019). Business and Industry World Contributions to Community Empowerment. Journal of Nonformal Education, 5(1), 79–88. https://doi.org/10.15294/jne.v5i1.18342
Hidayat, R., & Andarini, S. (2020). Strategi Pemberdayaan Umkm Di Pedesaan Berbasis Kearifan Lokal Di Era Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Bisnis Indonesia, 93–109.
Kominfo. (2022). UMKM Naik Kelas, UMKM Go Digital. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/41205/umkm-naik-kelas-umkm-go-digital/0/artikel
Lidwina, A. (2021). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia
Mariana, H. (2022). Pentingnya Peran dan Kontribusi UMKM dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2022/02/04/070800426/pentingnya-peran-dan-kontribusi-umkm-dalam-pemulihan-ekonomi-indonesia?page=all#:~:text=Data Kementerian Koperasi dan UKM,senilai Rp 8%2C6 triliun.
Mu`tafi, A. (2020). Pilar-Pilar Manajemen Sumber Daya Manusia (Msdm) Dalam Menghadapi Era Global. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 20(2), 106–125. https://doi.org/10.32699/mq.v20i2.1710
Nasution, D. D. (2022). BPS: Kemiskinan di Desa Turun Lebih Cepat dari Perkotaan. Republika.Co.Id.
Negara, H. S. (2022). Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2021 dan Prioritas Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2022. Setkab.Go.Id.
Rizkiana, R. E. (2021). the Future of Online Dispute Resolution : Building a Framework for E-Commerce Dispute Resolution in Indonesia. The Lawpreneurship Journal, 1(2), 114–138.
Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136. http://www.ou.edu/mideast/Additional pages - non-catagory/Zisser_al-Asad_and_his_Regime_2004.htm
Safitri, K. (2019). LIPI Sarankan RI Adopsi Taobao Village China, Apa Itu? Kompas.Com.
Saputra, R., Ardhiani, L. N., & ... (2020). Digital Marketing sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Batang. … Masyarakat UNDIP 2020, 352–356.
Sudirman, E. (2020). Strategi Usaha Kecil Menghadapi Digitalisasi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 142. https://doi.org/10.32502/jimn.v9i2.2554
Boeh, K. K., & Dunbar, C. (2016). Underwriter deal pipeline and the pricing of IPOs. Journal of Financial Economics, 120 (2), pp. 383–399. http://dx.doi.org/10.1016/j.jfineco.2015.08.018
Meitriana, M. A., & Irwansyah, M. R. (2019). Hubungan Ketaatan Karyawan pada Aturan Akuntansi dan Kesesuaian Kompensasi dengan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Se Kecamatan Gerokgak. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(2).
Suharsono, N., Rahmawati, P. I., & Irwansyah, M. R. (2019). Character-Based Education to Develop Culture of Entrepreneurship in Higher Education. In International Conference on Tourism, Economic, Accounting, Managemeng and Social Science (pp. 300–304). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/teams-18.2019.53
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prenctice Hall.
Willis, V. F. (2016). A model for teaching technology: Using excel in an accounting information systems course. Journal of Accounting Education, 36, pp. 87–99.



