STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN KERAMAIAN PASAR GROSIR DI PEKALONGAN DAN SEKITARNYA
Abstract
Rendahnya gairah yang tidak menggeliatkan pasar grosir- pasar grosirdi Pekalongan dan sekitarnya mengakibatkan kekhawatiran Pekalongan dan sekitamya tidak dapat mengandalkan pasar grosir• pasar grosinnenjadi suatuandalan obyek kunjungan wisata belanja yang menjajakan produk unggulan daerah seperti produk-produk batik, konveksi, garmen,ATBM, dan kerajinan (handycraft) dari pelepah pisang, enceng gondok, akar wangi, dan tempurung kelapa, Hal ini berarti suatu kesulitan untuk lebih rnendukung dan mewujudkan positioning Pekalongan sebagai Daerah Wisata Belanja yang banyak dirnunculkan oleh para pendiri dan pengelola pasar grosir. Penelitian ini dilakukan di tiga pasar grosir di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan dengan memfokuskan pada tingkat kepuasan pelanggan atas pelayanan-pelayanan termasuk pelayanan pembelian dan pelayanan tersedianya "konstelasi pasargrosir". Responden pada penelitian ini adalah pengunjung dan pedagang. Sedangkan aat analisis yang digunakan adalah Important Perfrmance Analysis. Out put dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pelanggan pada pasar grosir, baik pengunjung I pembeli · maupun pedagang, sera rekomendasi yang dapat dijadikan upaya-upaya dalam meningkatkan gairah / -upaya dalam meningkatkan gairah/kerarnaian pasar grosir- pasar grosir di Pekalongan dan sekitamya



