/

PEMBERDAYAAN LITERASI MEDIA DAN INFORMASI (LMI) UNESCO SEBAGAI SARANA PENCEGAHAN PENYEBARAN HOAKS

  • Shary Charlotte Henriette Universitas Diponegoro, Semarang
  • Reni Windiani Universitas Diponegoro
Keywords: literasi media dan informasi, LMI, UNESCO, hoaks, ex-post fact checking

Abstract

Artikel ini merupakan hasil dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Departemen Hubungan Interansional FISIP Universitas Diponegoro kepada enam Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Semarang. Tingginya akses informasi melalui sosial media di kalangan remaja SMA menyebabkan mereka rentan terdampak berbagai macam “penyimpangan informasi”. Oleh karena itu, penyuluhan untuk meningkatkan Literasi Media dan Informasi (LMI) dirasa sangat dibutuhkan. Mekanisme LMI yang dikeluarkan oleh  The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) digunakan dalam penyuluhan ini sebagai sarana untuk mewujudkan literasi informasi dalam sistem demokrasi. Materi penyuluhan inimenyangkut (1) Pemahaman Hoaks sebagai penyimpangan informasi  Mis-informasi; Dis-informs;i dan Mal-informasi, (2) Melawan Disinformasi dan Misinformasi melalui LMI, serta (3) Ex-Post Fact Checking / Memeriksa Fakta setelah Dipublikasikan.

Author Biographies

Shary Charlotte Henriette, Universitas Diponegoro, Semarang

Departemen Hubungan Internasional

Reni Windiani, Universitas Diponegoro

Departemen Hubungan Internasional

References

Antoni, A. (2018, August 30). Pemilih Pemilu 2019 di Jateng Ditetapkan 27.430.269 Orang. Sindonews.com, dapat diakses di : https://daerah.sindonews.com/read/1334359/22/

Brehm, S. S., & Kassin, S. M. (1993). Social psychology (2nd ed.). Boston: Houghton Mifflin Company.

Horton, F. W. (2008). Understanding Information Literacy: A Primer. Paris : United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

How To Spot Fake News. (2018, July 17). dapat diakses di https://www.ifla.org/publications/node/11174

Lee, Alice Y.L. et. al. (2013). Conceptual Relationship of Information Literacy and Media Literacy in Knowledge Societies. Paris : United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Miller B., Pearce P., Grier C., Kreibich C., Paxson V. (2011) What’s Clicking What? Techniques and Innovations of Today’s Clickbots. Dalam : Holz T., Bos H. (eds) Detection of Intrusions and Malware, and Vulnerability Assessment. DIMVA 2011. Lecture Notes in Computer Science, vol 6739. Springer, Berlin, Heidelberg
Setiana. L. (2005). Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : Ghalia Indonesia

Singh, J., Kerr, P., and Hamburger, E. (eds.) (2016). Media and Information Literacy: Reinforcing Human Rights, Countering Radicalization and Extremism. Paris : United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Sufyan, M. (2017, January 19). 2017, Momentum Menegakkan Kehormatan Pers. Kompas, dapat diakses di : https://nasional.kompas.com/read/2017/01/19/08212711/2017

UNESCO (2013). Global Media and Information Literacy Assessment Framework: Country Readiness and Competencies. Paris : United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

UNESCO (2018). Journalism, ‘Fake News’ &Disinformation : Handbook for Journalism Education and Training. Paris : United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

We are Social. 2018. Digital in 2018, dapat diakses di : https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018
Published
2018-06-30
How to Cite
Henriette, S. C., & Windiani, R. (2018). PEMBERDAYAAN LITERASI MEDIA DAN INFORMASI (LMI) UNESCO SEBAGAI SARANA PENCEGAHAN PENYEBARAN HOAKS. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 16(1), 59-66. Retrieved from https://ejournal.pentest.jatengprov.go.id/index.php/jurnaljateng/article/view/762