PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PECAHAN SENILAI SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media big book pada pembelajaran pecahan senilai siswa kelas IV. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan pada siswakelas IV SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Sumber data dari validasi media, validasi materi, hasil belajar, dan tanggapan guru dan siswa tentang media yang dikembangkan. Desain penelitian Pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest design. Big book yang dikembangkan terdiri atas materi pecahan senilai, lembar kerja dengan gambar bangun datar persegi dan lingkaran, dan soal latihan tentang pecahan senilai. Media big book ini dikembangkan berdasarkan angket kebutuhan guru dan peserta didik. Big book memenuhi kevalidan media sebesar 3,75 dengan kriteria sangat baik dan oleh ahli materi mendapat skor 3 dengan kriteria baik. Pada uji coba skala besar hasil posttest siswa memiliki ketuntasan hasil belajar 82,14%. Hasil perhitungan N-gain dengan hasil 0,55 menunjukkan kriteria “sedang”. Hasil Uji t 9,6320 > 2,0484 yang berarti rata-rata nilai posttest lebih besar dari rata-rata nilai pretest. Berdasarkan data tersebut, penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan media big book yang layak dan efektif sebagai media pembelajaran pecahan senilai siswa kelas IV SD.
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali PRESS.
Ashyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Bakti, Surya, N. A. Hasibuan, L.T. Sianturi & R. D. Sianturi. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Coreldraw X3 Menggunakan Metode Web Based Learning (Wbl). Jurnal Riset Komputer. 3(4):32-35.
Colville-Hall, Susan & Barbara O’Connor. (2006). Using Big Books: A Standards-Based Instructional Approach for Foreign Language Teacher Candidates in a PreK–12 Program. Foreign Language Annals, 39(3):497.
Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika: Hakikat dan Logika. Jakarta: Ar-Ruzz Media Grup.
Kania. (2018). Alat Peragauntuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal Theorems. 2(2):1-12.
Karina M.R., dkk. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. JurnalIlmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):61-67.
Nidika, Dwi. (2016). Big Book terhadap Kemampuan Mengenal Ekspresi Emosi. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 8(1):12.
Ocbian, M. M., et al. (2015). ‘Big Books’ as Mother Tongue-Based Instructional Materials in Bicol for Grade One Pupils. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(4):57.
Purnomo, Yoppy Wahyu. 2015. Pembelajaran Matematika untuk PGSD: Bagaiamana Guru Mengembangkan Penalaran Proporsional Siswa. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Putrayasa, I Made, H.Syahruddin & I Gede Margunayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1):1-11.
Ramury, Feli, dkk. (2015). Pembelajaran Pecahan Senilai dengan Bermain Lego. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1):1-10.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tunc-Pekkan, Zelha. (2015). An Analysis of Elementary School Children’s Fractional Knowledge Depicted with Circle, Rectangle, and Number Line Representations. Educational Studies in Mathematics, 89:419-441.
USAID. 2014. Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Jakarta: USAID.
Van de Walle, J. A. 2008. Pengembangan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Wardhani, Mega Laila. 2015. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Big Book” dalam Syaodih, E., dkk. (Ed.), Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi. Bandung: Sekolah Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar.
Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.



