PENGARUH MOTIVASI USAHA DAN KEMAMPUAN USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DI UMKM PENGOLAHAN PISANG KELURAHAN ROWOSARI, TEMBALANG SEMARANG
Abstract
Rowosari Village is an area with fairly rapid business growth in Semarang City and has abundant banana production, so this is an opportunity to develop business in the banana-based processed food sector. The purpose of this study is to: 1) Analyze the level of business motivation and business ability 2) Analyze the level of business success 3) Analyze the effect of business motivation and business ability on business success. The research was conducted in August – September 2020 and located in 32 banana processing MSMEs who are members of the Mekarsari MSME group. Quantitative approach was used in this research. Determination of respondents using the saturated sampling method with the number of respondents as many as 32 banana processing MSMEs. Data collection methods were taken by conducting interviews, observation and documentation. Data analysis used descriptive analysis, multiple linear regression, business feasibility analysis and calculation of added value. The results showed that : 1) The level of business motivation and business ability is high. 2) The level of business success is high. 3) The variables of motivation and business ability have a significant effect on business success simultaneously and partially. Suggestions that can be applied in this study include 1) MSME actors can increase motivation in entrepreneurship by attending seminars and training in order to develop self-quality and improve marketing strategies 2) There is a need for assistance from the government or related agencies so that MSMEs are more highly competitive 3) There is a need for further research related to the factors that influence business success outside the variables that have been described in this study.
References
Andriani, Nina dan Zuliyati. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi pada UMKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara).
Anggraeni, F. D., I. Hardjanto, dan A. Hayat. 2018. Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui fasilitasi pihak eksternal dan potensi internal. J. Administrasi Publik. 1(6): 1286 – 1295.
Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Tembalang dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik, Semarang.
Fernanda, R. 2016. Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada UMKM Di Desa Wisata Bobung Gunungkidul Yogyakarta. J. Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. 5(2): 81 – 95.
Gemina, D., E. Silaningsih, dan E. Yuningsih. 2016. Pengaruh Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi Pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia. J. Manajemen Teknologi. 15(3): 297 – 323.
Gerungan, W. A. 2014. Psikologi Sosial. PT. Gresco, Bandung.
Hamzah, M. F., dan W. Hidayat. 2018. Analisis pendapatan petani pisang di Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. J. Ilmu Ekonomi JIE. 2 (2): 283 – 293.
Hartono dan D. D. Hartomo. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. J. Bisnis dan Manajemen. 14(1): 16 – 30.
Ic, M. dan E. Visantia. 2013. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Pemilik Toko Pakaian di Pusat Grosir Metro Tanah Abang Jakarta. J. Manajemen. 13 (1): 1 – 14.
Indriyatni, L. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Kasus Pada Usaha Kecil di Semarang Barat). J. STIE Semarang. 5(1): 54 – 50.
Inggarwati, K. dan K. Kaudin. 2010. Peranan faktor-faktor individual dalam mengembangkan usaha. J. Manajemen Bisnis. 3(2): 185 – 202.
Kasmadi dan N. S. Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2021. Dukungan pemerintah bagi UMKM agar pulih di masa pandemi.
Maulida, S., dan A. Yunani. 2017. Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari Berbagai Aspek Ekonomi. J. Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 2(1): 181 – 196.
Muzaki, A. 2016. Pengaruh Karakteristik, Minat, dan Motivasi Usaha Pada UMKM Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten. (Skripsi). Makasar. Universitas Negeri Makasar.
Noor, H F. 2007. Ekonomi Manajerial PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Nugroho, I., W. Sumekar, dan K. Prayoga. 2021. Hubungan Frekuensi Penggunaan Whatsapp Terhadap Keberhasilan Pemasaran Kopi di Gapoktan Gunung Kelir Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. J. Agroland: J. Ilmu-Ilmu Pertanian. 28(1): 17 – 31.
Nuritha I. 2013. Identifikasi pengaruh lokasi usaha terhadap tingkat keberhasilan usaha minimarket waralaba di Kabupaten Jember dengan sistem informasi geografis. J. Sistem Informasi. 1(1): 825 – 835.
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. 2018. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Semarang.
Prasetyo, A. S., W. Sumekar, D. A. Kurniasari, dan A. Musabikin. 2020. Aktivitas dan Tingkat Partisipasi Anggota dalam Usahatani Ternak Sapi Perah di Kelompok Tani Ternak Rejeki Lumintu Gunungpati, Kota Semarang. 4(2): 186 – 196.
Purnomo, R. 2019. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Amplang di Kota Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Mulawarman. (Skripsi).
Purnomo, C. dan Suryanto. 2010. Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Keci (Studi Pada Industri Kecil Sepatu Di Jawa Timur). J. Manajemen dan Kewirausahaan. 12(2): 117 – 184.
Rahma N., I. Susilowati, dan E. Y. Purwanti. 2017. Minat wisatawan terhadap makanan lokal Kota Semarang. J. Ekonomi dan Pembangunan. 18(1): 53 – 76.
Sari, W. I . K., dan D. Harjanti. 2016. Analisis Hubungan Faktor Demografi dengan Kesuksesan Wirausaha Pada Pengusaha Makanan dan Minuman di Surabaya. J. Agora. 4(1): 613 – 619.
Simin, I. 2014. Analisis nilai tambah buah pisang menjadi keripik pisang pada Industri Rumah Tangga Sofie di Kota Palu. Universitas Tadulako Palu.
Sharma, A., M. S. Sapnadua, dan V. Hatwal. 2012. Microenterprise development and rural women entrepreneurship: way for economic empowerment. Economics and Management Journal. 1(6): 1 – 10.
Slamet, M., dan E. Bintoro. 2019. Pengaruh Pengalaman, Penggunaan Informasi Akuntansi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Industri di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Management and Accounting Research Journal. 4(1): 92 – 102.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sule, M. 2014. The role of entrepreneurship education on job cration among youth in Nigeria. International Letters of Social and Humanistic Sciences. 4(1): 421 – 442.
Suryana. 2011. Kewirausahaan. Jakarta:Salemba Empat.
Tambunan, E. S. 2020. Pengaruh Modal Usaha, Kemampuan Wirausaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pasar Tiban Sunday Morning UGM. J. Pendidikan dan Ekonomi. 9(3): 219 – 247.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Uno, B. H. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksana, Jakarta.
Yusniar. 2017. Pengaruh motivasi dan kemampuan usaha terhadap peningkatan keberhasilan usaha industri kecil batu bata di Kecamatan Muara Batu dan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. J. Visioner & Strategis. 6(2): 59 – 67.



