PENGARUH MOTIVASI USAHA DAN KEMAMPUAN USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DI UMKM PENGOLAHAN PISANG KELURAHAN ROWOSARI, TEMBALANG SEMARANG
Abstrak
Kelurahan Rowosari merupakan daerah dengan pertumbuhan usaha yang cukup pesat di Kota Semarang dan memiliki produksi pisang yang melimpah sehingga hal ini menjadi peluang untuk mengembangkan usaha di sektor makanan olahan berbahan dasar pisang. Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Menganalisis tingkat motivasi dan kemampuan usaha 2) Menganalisis tingkat keberhasilan usaha 3) Menganalisis pengaruh motivasi dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus – September 2020 dan berlokasi di 32 UMKM pengolahan pisang yang tergabung dalam kelompok UMKM Mekarsari. Metode yang digunakan merupakan metode kuantitatif. Penentuan responden menggunakan metode sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 32 pelaku UMKM pengolahan pisang. Metode pengumpulan data diambil dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda, analisis kelayakan usaha dan perhitungan nilai tambah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat motivasi dan kemampuan usaha tergolong tinggi 2) Tingkat keberhasilan usaha tergolong tinggi 3) Variabel motivasi dan kemampuan usaha berpengaruh nyata terhadap keberhasilan usaha secara serempak maupun parsial. Saran yang bisa diterapkan dalam penelitian ini diantaranya: 1) Pelaku UMKM dapat meningkatkan motivasi dalam berwirausaha dengan mengikuti seminar maupun pelatihan demi mengembangkan kualitas diri serta meningkatkan strategi pemasaran 2) Perlu adanya pendampingan dari pemerintah atau instansi terkait agar UMKM lebih berdaya saing tinggi 3) Perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha diluar variabel yang sudah diuraikan dalam penelitian ini.
Referensi
Andriani, Nina dan Zuliyati. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi pada UMKM Kain Tenun Ikat Troso Jepara).
Anggraeni, F. D., I. Hardjanto, dan A. Hayat. 2018. Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui fasilitasi pihak eksternal dan potensi internal. J. Administrasi Publik. 1(6): 1286 – 1295.
Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Tembalang dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik, Semarang.
Fernanda, R. 2016. Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada UMKM Di Desa Wisata Bobung Gunungkidul Yogyakarta. J. Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. 5(2): 81 – 95.
Gemina, D., E. Silaningsih, dan E. Yuningsih. 2016. Pengaruh Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi Pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia. J. Manajemen Teknologi. 15(3): 297 – 323.
Gerungan, W. A. 2014. Psikologi Sosial. PT. Gresco, Bandung.
Hamzah, M. F., dan W. Hidayat. 2018. Analisis pendapatan petani pisang di Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. J. Ilmu Ekonomi JIE. 2 (2): 283 – 293.
Hartono dan D. D. Hartomo. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. J. Bisnis dan Manajemen. 14(1): 16 – 30.
Ic, M. dan E. Visantia. 2013. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Pemilik Toko Pakaian di Pusat Grosir Metro Tanah Abang Jakarta. J. Manajemen. 13 (1): 1 – 14.
Indriyatni, L. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi Kasus Pada Usaha Kecil di Semarang Barat). J. STIE Semarang. 5(1): 54 – 50.
Inggarwati, K. dan K. Kaudin. 2010. Peranan faktor-faktor individual dalam mengembangkan usaha. J. Manajemen Bisnis. 3(2): 185 – 202.
Kasmadi dan N. S. Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2021. Dukungan pemerintah bagi UMKM agar pulih di masa pandemi.
Maulida, S., dan A. Yunani. 2017. Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari Berbagai Aspek Ekonomi. J. Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 2(1): 181 – 196.
Muzaki, A. 2016. Pengaruh Karakteristik, Minat, dan Motivasi Usaha Pada UMKM Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten. (Skripsi). Makasar. Universitas Negeri Makasar.
Noor, H F. 2007. Ekonomi Manajerial PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Nugroho, I., W. Sumekar, dan K. Prayoga. 2021. Hubungan Frekuensi Penggunaan Whatsapp Terhadap Keberhasilan Pemasaran Kopi di Gapoktan Gunung Kelir Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. J. Agroland: J. Ilmu-Ilmu Pertanian. 28(1): 17 – 31.
Nuritha I. 2013. Identifikasi pengaruh lokasi usaha terhadap tingkat keberhasilan usaha minimarket waralaba di Kabupaten Jember dengan sistem informasi geografis. J. Sistem Informasi. 1(1): 825 – 835.
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi. 2018. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Semarang.
Prasetyo, A. S., W. Sumekar, D. A. Kurniasari, dan A. Musabikin. 2020. Aktivitas dan Tingkat Partisipasi Anggota dalam Usahatani Ternak Sapi Perah di Kelompok Tani Ternak Rejeki Lumintu Gunungpati, Kota Semarang. 4(2): 186 – 196.
Purnomo, R. 2019. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Amplang di Kota Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Mulawarman. (Skripsi).
Purnomo, C. dan Suryanto. 2010. Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri Keci (Studi Pada Industri Kecil Sepatu Di Jawa Timur). J. Manajemen dan Kewirausahaan. 12(2): 117 – 184.
Rahma N., I. Susilowati, dan E. Y. Purwanti. 2017. Minat wisatawan terhadap makanan lokal Kota Semarang. J. Ekonomi dan Pembangunan. 18(1): 53 – 76.
Sari, W. I . K., dan D. Harjanti. 2016. Analisis Hubungan Faktor Demografi dengan Kesuksesan Wirausaha Pada Pengusaha Makanan dan Minuman di Surabaya. J. Agora. 4(1): 613 – 619.
Simin, I. 2014. Analisis nilai tambah buah pisang menjadi keripik pisang pada Industri Rumah Tangga Sofie di Kota Palu. Universitas Tadulako Palu.
Sharma, A., M. S. Sapnadua, dan V. Hatwal. 2012. Microenterprise development and rural women entrepreneurship: way for economic empowerment. Economics and Management Journal. 1(6): 1 – 10.
Slamet, M., dan E. Bintoro. 2019. Pengaruh Pengalaman, Penggunaan Informasi Akuntansi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Industri di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Management and Accounting Research Journal. 4(1): 92 – 102.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sule, M. 2014. The role of entrepreneurship education on job cration among youth in Nigeria. International Letters of Social and Humanistic Sciences. 4(1): 421 – 442.
Suryana. 2011. Kewirausahaan. Jakarta:Salemba Empat.
Tambunan, E. S. 2020. Pengaruh Modal Usaha, Kemampuan Wirausaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pasar Tiban Sunday Morning UGM. J. Pendidikan dan Ekonomi. 9(3): 219 – 247.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Uno, B. H. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksana, Jakarta.
Yusniar. 2017. Pengaruh motivasi dan kemampuan usaha terhadap peningkatan keberhasilan usaha industri kecil batu bata di Kecamatan Muara Batu dan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. J. Visioner & Strategis. 6(2): 59 – 67.



