/

Pengaruh Brand Image Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Starbucks di Kabupaten Sleman

  • Intan Tsania Putri Universitas Diponegoro
  • Mukson Mukson Program Studi Agribisnis, Departemen Pertanian, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro
  • Wiludjeng Roessali Program Studi Agribisnis, Departemen Pertanian, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro
Kata Kunci: Brand Image Perceived Quality Keputusan Pembelian Kopi Starbucks

Abstrak

Keputusan pembelian terhadap suatu produk barang dan jasa banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya brand image (citra merek) dan perceived quality (persepsi kualitas). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan perceived quality terhadap keputusan pembelian produk kopi Starbucks di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus - Oktober 2022. Metode penelitian menggunakan survey. Lokasi coffeeshop ditentukan dengan metode acak sederhana. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 orang, dengan kriteria minimal berusia 17 tahun dan pernah membeli produk kopi Starbucks. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis statistik menggunakan software Smart PLS 3.3.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image dan perceived quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kopi Starbucks di Kabupaten Sleman.

Referensi

Abdillah W., dan J. Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling(SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta : CV. Andi Offset.


Alfa, G. A. A., dan F. Agustina. 2017. Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Konsumen Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square. J. EurekaMatika, 5 (2) : 59-71.


Amaliana, R. N. dan I. Khasanah. 2015. Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas layanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi pada Rocket Chicken Sukorejo Kendal), 4(2) : 2337 – 3792.

Anggitania, V. 2017. Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Risiko terhadap Konsumsi Kopi Instan pada Mahasiswa Kedokteran dan Kesehatan. J. Manajemen dan Organisasi, 7 (3) : 20-32.

Ariadi, A., M. W., Yusniar, dan A. Rifani. 2020. Pengaruh brand awareness, brand loyalty, perceived quality, brand image terhadap keputusan pembelian konsumen (studi konsumen sepeda motor matic honda scoopy pada dealer honda di Kota Banjarmasin). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(3) : 252-268.

Fajri, M. K., W. B. Nugroho, dan I. G. N. A. K. Aditya. Strategi kelangsungan usaha kedai kopi di Surakarta pada


masa pandemi covid-19. J. Ilmu-Ilmu Agribisnis, 3(2) : 37-47.

Ghozali, I. dan L. Hengky. 2015. Partial least square konsep teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 (2nd Edition). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafni R. D., A. A. Azzahra, dan K. Rosdiani. 2020. Pandangan citra brand kopi Janji Jiwa di kalangan mahasiswa. J. Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1) : 12-22.

Mulyadi, A., Eka, D., dan W. Nailis. 2018. Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di toko online Lazada. J. Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 15(2) : 87-94.

Nabilah, Z., S, Hermuningsih. S. Wiyono. 2020. Pengaruh operating leverage dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan sector consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2018. J. Bisman 3(2): 148 – 159.

Payadnya, I. P. A. A., dan I. G. A. N T. Jayantika. 2018. Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistic. Jakarta : Deepublish.

Purwanto, H. A. 2021. Pengaruh social servicescape terhadap loyalty dengan customer satisfaction sebagai variable mediasi pada coffee shop stonemilker ward. J. Agora, 9(2):1-14.

Putro, S. W. 2014. Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen Restoran Happy Garden. J. Strategi Pemasaran, 2(1) : 1-9.

Rachmawati, V. 2019. Hubungan antara hedonic shopping value, positive emotion, dan perilaku impulse buying pada konsumen ritel. J. Ekonomi dan Bisnis Airlangga, 19(2) :12-20.


Rantung, W., D. P.E. Saerang, dan P.A. Mekel. 2014. The Influence of Brand Loyalty, Brand Awareness, and Perceived Quality on Consumer Buying Decision of Yamaha Vixion Motorcycle in Manado. J. EMBA, 2(3) : 58-67.

Rumokoy, F. S. 2016. Evaluating The Service Quality of Coffee Shop in Manado Using Importance and Performance (IPA) Analysis (Case Study: Excelso Coffee). Jurnal of Asean Studies on Maritime Issues, 2(2) : 16–28.

Sarwono, J dan U. Narimawati. 2015. Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Penerbit Andi. Yogyakarta.

Sejati, B. S. A. dan Y. Yahya. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. J. Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3) : 1-19.

Sukatmadiredja, N. R. 2017. Analisa perubahan perilaku konsumen terhadap pertumbuhan warung kopi di Kecamatan Rungkut Surabaya. J.
Diterbitkan
2024-11-07