/

INOVASI LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA RUMAH SAKIT SEBAGAI BENTUK REFORMASI BIROKRASI

  • Arif Sofianto Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah
Kata Kunci: reformasi birokrasi, pelayanan kesehatan, rumah sakit, Provinsi Jawa Tengah

Abstrak

Salahsatu wujud reformasi birokrasi dalam pelayanan publik adalah peningkatan kualitas pelayanan, lebih cepat, lebih murah, lebih mudah, dan lebih berkualitas. Pada sektor kesehatan, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengembangkan pelayanan berbasis elektronik. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan implementasi pelayanan berbasis teknologi informasi, identifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta identifikasi kontribusi penggunaan teknologi informasi terhadap reformasi birokrasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 7 rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pengelola layanan rumah sakit serta pembuat aplikasi sistem. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan, pengolahan dan penyajian data secara simultan. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Pelayanan berbasis teknologi informasi berkembang sesuai dengan kapasitas dan sumberdaya masing-masing. Sistem yang dibangun secara mandiri lebih berkembang dan berlanjut, serta  biaya rendah. 2) Faktor pendukung adalah budaya kerja yang baik, komitmen, edukasi, profesionalisme, tanggungjawab, egaliter, transparan, dan konstruktif. Hambatan internal berupa komitmen, kompetensi, dan sarana. Hambatan eksternal adalah aksesibilitas dan kurangnya pemahaman masyarakat. 3) Kontribusi pelayaan berbasis teknologi informasi adalah kecepatan pelayanan, kepastian waktu tunggu, transparansi, dan keadilan. Manfaat bagi rumah sakit meningkatkan efisiensi kerja, kecepatan dan kemudahan dalam memberikan pelayanan.

Referensi

Adrizal, Fatma Sriwahyuni, Yufri Aldi. 2019. Analisis Pelayanan Resep Konvensional dan Elektronik serta Pengaruhnya terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di RSUD M. Natsir Solok Indonesia. Jurnal Sains Farmasi & Klinis. Vol. 06 No. 03 | Desember 2019

Akhmaddhian, Suwari. 2012. Pengaruh Reformasi Birokrasi Terhadap Perizinan Penanaman Modal di Daerah; Studi Kasus di Pemerintahan Kota Bekasi. Jurnal Dinamika Hukum Vol 12 No 3 September 2012.

Andhika, Lesmana Rian. 2017. Systematic Review: Budaya Inovasi Aspek Yang Terlupakan Dalam Inovasi Kepegawaian. Jurnal Civil Service. Vol. 11, No.1, Juni 2017 : Hal. 49 – 61

Arikunto, Suharsini. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, Eddy. 2017. Era Disruption dan Manajemen Stratgic Birokrasi. http://setkab.go.id/manajemen-strategik-komunikasi-publik-di-era-digital/. 11 Oktober 2017

___________. 2017. Manajemen Strategik Komunikasi Publik di Era Digital, http://setkab.go.id/manajemen-strategik-komunikasi-publik-di-era-digital/. 3 Juli 2017

Daniel, Moehar, Darmawati, Nieldalina. 2005. PRA, Pendekatan Efekti Mendukung Penerapan Penyuluhan Partisipatif dalam Upaya Percepatan Pembangunan Pertanian.Jakarta. Bumi Aksara

Holle, Erick S. 2011. Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service. Jurnal Sasi Vol.17 No.3 Bulan Juli-September 2011

Indrajit, Richardus Eko. 2006. Electronic Government; Konsep Pelayanan Publik Berbasis Internet dan Teknologi Informasi. Aptikom. Jakarta

Muchsam, Yoki & Fazriana Mareta. (2019). Analisis Pengaruh Kepahaman Sistem Rujukan Online Peserta BPJS Terhadap Kepuasan Pelayanan BPJS. Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed) 5 Oktober 2019. Teknik Informatika, UII. Sleman, Yogyakarta. ISSN. 2339-2207

Nabyla, Fuaida, Rito Cipta Sigitta Hariyono. 2019. Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan pada Rumah Sakit. Journal of Information System Vol. 4, No. 2, Nopember 2019: 168-177

Nurbarani, Myrna. 2009. Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Surakarta. Tesis Program Studi Magister Ilmu Politik Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang. http://eprints.undip.ac.id/24269/1/ MYRNA_NURBARANI.pdf

Nuril, Ahmad. 2018. Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Semarang ; Studi Kasus Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies Vol 7, No 2 (2018): Periode Wisuda April 2018. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010) tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025

Rizki, Ahmad. 2019. Inovasi Facilitating Service Di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (Studi Tentang Reservasi Online Support System). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. PT Refika Aditama. Bandung

Taufan. 2017. Implementasi Reformasi Birokrasi Dan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman Tahun 2014-2016. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. http://repository.umy.ac.id

Usman, Husaini & Purnomo Setiady Akbar. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Akasara. Jakarta

Yusriadi & Misnawati. 2017. Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik Volume 7 Nomor 2 Juli – Desember 2017. Hal 99-108. Homepage: http://ojs.unm.ac.id/index.php/iap/index

Diterbitkan
2020-06-03