ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN SAWI ORGANIK DI FARMERS MARKET SEMARANG
Abstrak
Sawi merupakan satu diantara sayuran organik yang dijual di Farmers Market. Kepuasan konsumen menjadi poin penting yang perlu diperhatikan oleh Farmers Market untuk meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1). Kepuasan konsumen pada pembelian sawi organik di Farmers Market 2). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pembelian sawi organik di Farmers Market. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juni 2021 di Farmers Market Semarang. Penelitian menggunakan metode survey. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan responden menggunakan kuesioner yang terlah disiapkan. Jumlah sampel yang digunakan didapatkan dari lima kali jumlah butir pertanyaan yang telah dibuat yaitu sebanyak 100 responden. Kriteria responden yang dipilih adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian sawi organik serta bersedia diwawancara dan berusia 20-45 tahun. Analisis data menggunakan metode kuantitatif meliputi Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Regresi Logistik. Hasil perhitungan IPA diketahui atribut promosi masih perlu ditingkatkan untuk memenuhi harapan konsumen sedangkan atribut produk, harga dan kualitas pelayanan menjadi prioritas utama dan perlu dipertahankan karena sudah sesuai dengan harapan konsumen Farmers Market. Perhitungan CSI didapatkan nilai 79,52% yang menunjukkan konsumen puas terhadap sayur organik yang dijual. Hasil dari perhitungan Regresi Logistik menunjukkan bahwa variable yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah produk, harga dan kualitas pelayanan, sedangkan promosi tidak menunjukkan pengaruh signifikan.
Referensi
Apriyani, M., dan F.M. Satya. 2013. Pengaruh faktor internal konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik. J. Program Studi Agribisnis Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung, 7 (3): 1978-6034.
Anggita, P., dan L.S. Putranto. 2019. Analisis pengaruh karakteristik perjalanan belanja terhadap pilihan lokasi belanja kebutuhan sehari-hari di Jabodetabek. J. Mitra teknik sipil, 2 (3): 1-8.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hendayana, R. 2015. Penerapan metode regresi logistik dalam menganalisis adopsi teknologi pertanian. J. Informatika Pertanian, 22(1): 1-9.
Janie, D.N.A., 2012. Statistik Deskriptif dan Regresi Linier Berganda dengan SPSS. Universitas Semarang Press, Semarang.
Naresh, M. K. 2009. Riset Pemasaran: “Pendekatan Terapan”. Indeks, Jakarta
Novianti, M. E. 2017. Perbandingan kadar besi (Fe) pada sawi putih dengan sawi hijau yang dijual di beberapa pasar Kabupaten Brebes. Publicitas Ak, 2 (2): 1 – 17.
Priambodo, L. H. dan M. Najib. 2014. Analisis kesediaan membayar (willingness to pay) sayuran organik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. J. Manajemen dan Organisasi, 5 (1), 1-14.
Suardika, I. M. P., I. G. Ambarawati dan I. P. Sukaatmadja. 2014. Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayur organik CV Golden Leaf Farm Bali. J. Manajemen Agribisnis, 2 (1), 1-10.
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. PT. Rineta Cipta, Jakarta.
Syah, M. A., M. Mukson. dan W. Roessali. 2021. Farmer satisfaction analysis on rice farming insurance program in Tegal Regency. J. Sosial Ekonomi Pertanian, 5 (1): 40-55.
Syukri, S.H.A., 2014. Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis gap pada kualitas pelayanan Trans Jogja. J. ITI, 13 (2): 103 – 111.
Tuhumury. M. T. dan B.P. Weldemina. 2019. Tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk sayuran segar lokal dan impor di Pasar Modern Kota Ambon. J. Agribisnis Kepulauan. 7 (3). 278-297.
Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi, Jakarta.
Trisna, D. 2017. Analisis perilaku konsumen terhadap pembelian produk buah lokal di pasar modern kota Palopo. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 5 (2), 23-30.
Widodo, S. M., dan J. Sutopo. 2018. Metode customer satisfaction index (CSI) untuk mengetahui pola kepuasaan pelanggan pada E-commerce model business to customer. J. Informatika UPGRIS 4 (1): 38 – 45



