EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan model PBL di Program Studi Teknik Informatika FIKOM Universitas Duta Bangsa Surakarta pada mata kuliah Metode Numerik dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini mengunakan teknik quasi experimental. Desain dalam penelitian ini menggunakan posttest control group design dengan kelompok non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI dari Program Studi Teknik Informatika FIKOM Universitas Duta Bangsa Surakarta. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan setelah perlakuan (posttest). Data posttest dianalisis secara deskriptif dengan Anova untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji Normalitas dengan metode Shapiro Wilk dan uji homogenitas variansi dengan dengan Lavene. Uji prasyarat terpenuhi maka dilakukankan one way anova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran PBL dibandingkan mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran langsung. Oleh karena itu, pembelajaran PBL sebaiknya digunakan dalam perkuliahan, khususnya metode numerik. Terbukti dengan uji yang sudah dilakukan pembelajaran PBL merupakan yang terbaik.
Referensi
Alfarisi, M. F., 2019. Pengaruh Karakter Serta Keprofesionalan Dosen Dalam Proses Perkuliahan Guna Menjadikan Mahasiswa Yang Cerdas dan Kritis. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 97–103.
Budhiyanto, A., Suryabrata, J. A., & Saragih, S., 2018. Study of shading device building-integrated photovoltaic performance on energy saving. Petra Christian University.
Dr, S., 1999. Statistika Untuk Penelitian. Penerbit CV Alfabeta, Bandung.
Fisher, D., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A., 2020. Project-based learning in mathematics: A literatur review. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). ttps://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012032
Husna, N., Saminan, dan Abidin, Z., 2021. Development of student worksheets on ethnomathematics-based trigonometry through Project-Based Learning models. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012071
Indah, R. P., dan Farida, A., 2021. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47.
Mala, L., Latif, F. R. P., Zahroâ, H., dan Muftikah, L. F., 2019. Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas X IIS 3 SMAN 1 Ngadiluwih. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 27–34.
Nurcahyo, A., Ishartono, N., dan Sudibyo, N. A., 2020. Implementasi Pembelajaran Interaktif Kalkulus Dengan Wolfram Cdf Player Pada Kelas Semu Schoology. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 883. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3137
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., dan Kanzunnudin, M., 2018. Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Rangkuti, A. N., dan Fitriani, F., 2019. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran PBL dan PjBL Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik. Ta’dib, 22(2), 67–74.
Siti Suprihatiningsih, Nugroho Arif Sudibyo, dan Triana Harmini., 2020. Eksperimentasi Mobile Learning Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Ditinjau Dari Kemampuan Bekerjasama. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 17–30. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i1.2488
Suprihatiningsih, S., dan Sudibyo, N. A., 2020. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing di STKIP Pamane Talino. Mercumatika, 4(2), 10–13.
Surmilasari, N., 2018. Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Metode Numerik Dengan Implementasi Media Tutorial. Prosiding Seminar Nasional Pogram Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang.
Susilawati, W., 2021. Mathematical communications through project based learning based on android. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012128
Syukriah, S., Nurmaliah, C., & Abdullah, A., 2020. The implementation of project-based learning model to improve students’ learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012064
Valerisha, A., dan Putra, M. A., 2020. Pandemi Global COVID-19 dan Problematika Negara-Bangsa : Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-digital ? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 131–137.
Viana, R. V., Jumadi, Wilujeng, I., & Kuswanto, H., 2019. The Influence of Project Based Learning based on Process Skills Approach to Student’s Creative Thinking Skill. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012033
Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., dan Sugandi, A. I., 2019. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–148.
Yulianto, A., Fatchan, A., dan Astina, I. K., 2017. Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2 (3), 448–453.



