ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN KOPI BUBUK DI UMKM KOPI KAPAL LAMPUNG
Abstract
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Kopi Kapal Lampung is an MSME in Bandar Lampung City that sells ground coffee with the Kapal Lampung stamp. The demand for Kapal Lampung ground coffee tends to fluctuate, so it is necessary to know the factors that influence the demand for Kapal Lampung ground coffee on household scale consumers. This study aims to analyze the factors that influence the demand for Kapal Lampung powdered coffee on household scale consumers at MSME Kopi Kapal Lampung and analyze the elasticity of demand for Kapal Lampung powdered coffee. This research was carried out in October 2021, which was located at the UMKM Kopi Kapal Lampung. Determination of the location is determined intentionally (purposive). The method used in this study is a survey method with the determination of respondents as many as 100 people using non-probability sampling technique by purposive accidental sampling. Methods of data analysis with quantitative descriptive analysis using multiple linear regression analysis. Based on the results of the study, it was found that the variables of income, number of family members, frequency of consumption, product prices and consumer tastes simultaneously had a very significant effect on coffee demand. The variables of income, consumption frequency and consumer tastes have a partial effect on coffee demand. The number of family members and the price of the product have no partial effect on the demand for coffee. The price elasticity and income elasticity are inelastic to the demand for ground coffee with Kapal Lampung stamp. The Lampung Ship's powdered coffee product is classified as normal goods.
References
Aini, N., S. Husni dan M. Siddik. 2021. Analisis perilaku konsumen terhadap kopi telapen pada era new normal di Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. J. Agrimansion, 22 (2) : 119 – 133.
Amalia, W. G. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Cita Rasa Kopi Puntang di Desa Cimaung Kabupaten Bandung. (Disertasi). Bandung. Universitas Pasundan.
Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Kopi Indonesia 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Badan Pusat Statistik. 2020. Provinsi Lampung Dalam Angka 2021. Lampung: Badan Pusat Statistik.
Bastian, J. 2015. Analisis Pendapatan Dan Keuntungan Usaha pada Industri Bubuk Kopi Tradisional Aceh di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. (Skripsi). Aceh Barat. Universitas Teuku Umar Meulaboh.
Destiani, D., R. H. Ismonodan R. Adawiyah. 2015. Permintaan mangga indramayu (Mangifera Indica L) oleh konsumen di pasar tradisional pada wilayah kota di Provinsi Lampung. J. Ilmu Ilmu Agribisnis. 3 (4).
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. 2006. Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Erlangga,
Hair, J. F., W. C. Black., B. J. Babin., dan R. E. Anderson. 2014. Multivariate Data Analysis Seventh Edition. Harlow: Pearson Education Limited.
Hutapea, Y. Z., S. Mardiana dan M. M. Lubis. 2020. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan kopi robusta gayo (Coffea Canephora). Studi Kasus: Pasar Inpres Kecamatan Bebesen, Kab. Aceh Tengah. J. Agriuma, 2 (2) : 90 – 96.
International Coffee Organization (ICO). 2020. Historical Data on the Global Coffee Trade: Domestic Consumption 1990 – 2019. International Coffe Organization, London.
International Coffee Organization (ICO). 2021. Trade Statistics Tables Consumption 2017 – 2020. International Coffee Organization, London.
Khasan, U. 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian White Coffe. J. Cakrawala, 12 (2) : 157 – 161.
Kurniasih, P dan T. M. Prihtanti. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian sayuran organik di Kota Salatiga. J. Ziraa'ah, 44 (3) : 347 – 356.
Muhamad, R. D., dan E. F. Cahyono. 2019. Analisis pengaruh faktor harga, pendapatan, kualitas dan atribut produk islam terhadap purchase intention di Kedai Kopi Bycoffee Surabaya. J. Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 6 (12) : 2485 – 2497.
Nawangsih, N., K. Yunus., dan K. Ifa. 2019. Strategi pengambilan keputusan kedai kopi. J. Ilmu Manajemen Advantage, 3 (2) : 92 – 98.
Octaviani, A. 2013. Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen Coffe Toffe Jatim Expo Surabaya. J. Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1 (2) : 1 – 20.
Putri, N. H., S. N. Sarfiah dan Y. Septiani. 2020. Analisis determinan nilai ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat dengan pendekatan ECM. DINAMIC: Directory Journal of Economic, 2 (4) : 971 – 984.
Rahmawati, D., E. Prasetyo dan A. Setiadi. 2018. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan jeruk pamelo (citrus grandis) di Kabupaten Pati. J. Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 2 (3) : 179 – 186.
Rorimpandey, B., G. D. Lenzundan E. K. M. Endoh. 2014. Analisis pengaruh pendapatan rumah tangga terhadap konsumsi daging dan telur di Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. J. Zootec, 34 (1) : 37 – 47.
Sadeli, A. H., dan H. N. Utami. 2013. Sikap konsumen terhadap atribut produk untuk mengukur daya saing produk jeruk. J. Trikonomika, 12 (1) : 61 – 71.
Satyajaya, W., A. Rangga., F. Nurainy dan H. Al Rasyid. 2014. Proses pengambilan keputusan konsumen dan atribut produk kopi instan dalam sachet [consumer decision making process and product attributes of instant coffee]. J. Teknologi dan Industri Hasil Pertanian, 19 (3) : 297 – 306.
Sari, S., S. A. Maharani., P. E. Prakoso., D. J. Putrisardjonodan A.R. Zaini. 2020. Analisis peramalan permintaan kopi susu di Café Kopi Margonda. Journal Industrial Servicess, 6 (1) : 27 – 30.
Soimah, N dan A. Aslan. 2021. Permintaan dan preferensi konsumen kedai kopi terhadap pelaku usaha kedai kopi di Kota Tarakan. J. Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5 (1) : 1632 – 1642.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wachdijono, W., U. Trisnaningsihdan S. Wahyuni. 2019. Analisis preferensi konsumen kopi di lingkungan akademik Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon pada era revolusi ndustry 4.0. J. Agriekonomika, 8 (2) : 181 – 193.



