Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah Pisang di Pasar Tradisional Kota Kisaran
Abstrak
Buah merupakan salah satu hasil pertanian yang bernilai ekonomis tinggi karena baik bagi kesehatan. Buah pisang (Musa paradisiaca) merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyaknya jenis buah pisang dipasaran akan membuat pilihan konsumen lebih banyak dan beragam. Preferensi konsumen akan suatu produk yang berbeda-beda menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi karakteristik konsumen buah pisang, menganalisis preferensi konsumen, dan mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan pada buah pisang. Penelitian dilaksanakan di 2 lokasi pasar tradisional di Kota Kisaran dengan 60 responden yang dipilih dengan menggunakan metode accidental sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen dan analisis konjoin untuk menganalisis preferensi konsumen dan atribut yang paling dipertimbangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen buah pisang adalah perempuan, berusia 20-29 tahun, tingkat pendidikan Strata 1, jumlah anggota keluarga 4 orang dan pendapatan > Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000. Konsumen lebih banyak membeli pisang jenis barangan dan preferensi konsumen adalah buah pisang dengan rasa agak manis, warna kulit buah kuning, jumlah buah tiap sisir banyak (≥ 14 buah) dan harga > Rp 12.000. Atribut buah pisang yang paling dipertimbangkan oleh konsumen adalah atribut jumlah buah tiap sisir dengan importance value sebesar 34,103%.
Referensi
Ardiansyah, R. 2010. Budidaya Pisang. Surabaya: PT JePe Press Media Utama.
Badan Pusat Statistika. 2018. Data Ekspor-Impor Buah Dalam 5 Tahun. BPS: Jakarta.
Badan Pusat Statistika. 2021. Pedoman Statistik Pertanian Holtikultura (SPH). BPS: Jakarta.
Badan Pusat Statistika. 2023. Statistik Holtikultura. BPS: Jakarta.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Universitas Diponegoro.
Jannah, N., M. Antara., & Effendy. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Buah Jeruk Impor di Kota Palu. J. Agroland. 25(2): 121-129.
Julianisa, R. D., D. Safitri., & H. Yasin. 2016. Analisis Konjoin Full Profile dalam Pemilihan Bedak Untuk Mahasiswi Departemen Statistika Universitas Diponegoro. J. Gaussian. 5(4): 747-756.
Jusrawati, J., A. Futri., & A. B. Kaswar. 2021. Klasifikasi Tingkat Kematangan Buah Pisang dalam Ruang Warna RGB Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems. 2(1): 52-57.
Koesoemaningsi, R. 2013. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Pendidikan pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi. 13(2).
Kotler, P. 2001. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Lubis, E. R. 2021. Untung Berlimpah Budidaya Pisang. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Mudjajanto, E. S. & K. Lilik. 2006. Membuat Aneka Olahan Pisang. Jakarta: Agromedia.
Mulyadi, D. 2021. Implementasi Kurikulum 2013 (Revisi) di Sekolah Menengah Atas pada Mata Pelajaran Peminatan. J. Pendidikan Glasser. 5(1): 7-22.
Murod, N., S. Rochaeni., & L. I. Ichdayati. 2018. Pengaruh Kesadaran, Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Perilaku Konsumen dalam Mengkonsumsi Buah Lokal di Kawasan Perpasaran Jakarta Barat. J. Agribisnis. 12(2): 86-95.
Rahayu, J. N., E. Fauziyah., & A. H. M. Ariyani. 2012. Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor di Toko Buah Hokky dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. J. Agriekonomika. 1(1): 52-67.
Rohman, M. A., N. Djohar., & D. Su’udi. 2019. Preferensi Konsumen Buah Salak Wedi Studi Kasus di Desa Wedi Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. J. Agribisnis dan Pertanian Berkelanjutan. 4(2).
Roudloh, U. N., S. Wahyuningsih., S. N. Awami., & L. A. Sasongko. 2021. Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Buah Pisang (Musa paradisiaca L.) di Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Doctoral Dissertation: Sebelas Maret University. 5(1): 908-917.
Statistik Pertanian. 2018. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit ALFABETA.
Suparyana, P. K., W. Ramantha., & W. Budiasa. 2017. Analisis permintaan buah pisang di Kota Denpasar Bali. J. Manajemen Agribisnis. 5(1): 33-44
Widiyanto, N. A., A. K. Adhi., & H. K. Daryanto. 2016. Atribut-atribut yang Mempengaruhi Sikap dan Preferensi Konsumen dalam Membeli Buah Apel di Kota Surabaya dan Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. J. Ilmu Keluarga dan Konsumen. 9(2): 136-146.
Wijaya. 2013. Manfaat Buah Asli Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.



