Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minat Beli Buah Mangga Arum Manis di Pasar Tradisional Kota Semarang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen, pengaruh antara jumlah anggota keluarga dan pembelian buah mangga arum manis, serta menganalisis atribut dan preferensi konsumen terhadap buah mangga arum manis di pasar tradisional Kota Semarang. Lokasi yang digunakan dalam penelitian bertempat di empat pasar tradisional Kota Semarang yaitu Pasar Johar, Pasar Peterongan, Pasar Bulu, dan Pasar Karangayu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan menggunakan kuesioner dan pengambilan sampel secara non-probability sampling dengan teknik quota sampling sebanyak 50 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis crosstab dan analisis chi-square untuk mengetahui pengaruh antara jumlah anggota keluarga dengan jumlah pembelian buah mangga arum manis, dan analisis konjoin untuk mengetahui Atribut buah mangga arum manis yang dapat mempengaruhi preferensi konsumen buah mangga di pasar tradisional Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen buah mangga arum manis di pasar tradisional Kota Semarang memiliki karakteristik antara lain : rata – rata konsumen berusia 41 tahun, mayoritas pembeli perempuan, mayoritas pendidikan konsumen yaitu diploma III/IV/Sarjana, konsumen dengan jumlah anggota keluarga tertinggi yaitu 4 orang, dan mayoritas pendapatan konsumen yaitu Rp. 2.500.000,00. Hasil analisis chi square dan crosstab menunjukkan adanya pengaruh antara jumlah anggota keluarga dengan jumlah pembelian buah mangga arum manis. Hasil analisis konjoin menunjukkan konsumen lebih menyukai buah mangga arum manis yang berwarna hijau muda atau kekuning – kuningan dengan rasa manis dan berukuran kecil. Urutan atribut buah mangga arum manis yang paling penting bagi konsumen pada saat melakukan proses pembelian berdasarkan nilai Importance Values yaitu atribut ukuran tertinggi sebesar 39,26%, rasa sebesar 33,87%, dan warna dengan persentase 26,87%.
Referensi
Badan Pusat Statistik (BPS). 2021. Statistik Produksi Hortikultura 2021. Badan Pusat Statistik. Jakarta.
Bahari, Y. Ramadhan, dan Iswandi, R. Marsuki. 2019. Preferensi konsumen terhadap minyak kelapa murni (virgin coconut oil/vco) Kabupaten Konawe (Consumers preferences toward virgin coconut oil in Konawe Regency). J. Sosio Agribisnis. 3(1): 1 – 6.
Baumol, W.J., & Blinder, A.S. 2018. Mikroekonomi: Prinsip dan Kebijakan Penerbit Salemba Empat : Jakarta.
Baraja, R. R. 2018. Analisis Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Daging Sapi Beku Di Maradeka Beef Bogor. Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB: Bogor.
Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks. Sage Publications: CA.
Creswell, J. W., dan Creswell, J. D. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, Sage Publications: CA.
Gohar, U. F., dan Rehman, K. U. 2015. Pengaruh Ukuran Keluarga terhadap Preferensi Konsumen: Studi Kasus Pakistan. J. Ilmu Bisnis dan Manajemen. 3(1): 10-14.
Hadayanti, D. Deliana, Y. dan Natawidjaja, R. S. 2016. Faktor Dominan dari Preferensi Konsumen dalam Pemilihan Jenis Mangga (Mangifera indica): Suatu Kasus di Supermarket di Kota Bandung. Jurnal Agrikultura. 27(2): 94 – 101.
Karsinah, K, Rebin, R dan Sadwiyanti, L. 2016. Evaluasi hibrid hasil persilangan mangga Arumanis-143 dengan Tiga Kultivar Mangga Merah Berdasarkan Karakter Buah. Buletin Plasma Nutfah. 20(2): 77–84.
Kotler, P. dan Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran (edisi ke-15). Pearson Education, Inc. New Jersey: Upper Saddle River.
Khusna, K, A, M., H. Irianto dan Setyowati. 2016. Analisis preferensi konsumen terhadap buah semangka di kota surakarta. J. AGRISTA. 4(3): 461 – 468.
Malhotra, N. K. 2019. Marketing Research: An Applied Orientation (8th ed.). Pearson Education: New Jersey.
Pallant, J. 2020. SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis using IBM SPSS (7th ed.). Routledge: London.
Prabowo, S., dan Reni, T. 2019. Analisis Data untuk Penelitian Sosial: Panduan Praktis Menggunakan SPSS (2nd ed.). Prenadamedia Group: Jakarta.
Priyatno, Dwi. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. CAPS: Yogyakarta.
Rasmikayati, E., Pardian, P., Hapsari, H., Ikhsan, R. M., & Saefudin, B. R. 2017. Kajian Sikap dan Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk Dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis: J. Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 3(2): 117- 133.
Resmawati, T., M. A. Mukid dan D. Safitri. 2013. Analisis preferensi konsumen terhadap produk susu berbasis analisis conjoint menggunakan metode presentasi pairwise – comparison. J. GAUSSIAN. 2(4): 405 – 414.
Salim, A., Yadav, R., dan Jha, S. 2017. "Impact of education level on consumer behavior: A study of consumers in Kathmandu Valley." J. Bisnis dan Manajemen. 19(1): 33-48.
Schiffman, L. G., dan Kanuk, L. L. 2015. Consumer Behavior (11th ed.). Pearson Education : Lodon.
Sekhampu, T.J. dan F. Niyimbanira. 2013. Analysis of The Factors Influencing Household Expenditure In A South African Township. International Business & Economics Research Journal. 12(3): 279 – 284.
Setyowati, R., dan Puspitaningrum, D. 2020. Studi Deskriptif Varietas Mangga di Pasar Tradisional Jawa Tengah. Jurnal Hortikultura Indonesia. 12(4): 323-330.
Simarmata, L., Osak, R., Endoh, E., dan Oroh, F. 2019. Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Broiler di Pasar Tradisional Kota Manado (Studi Kasus “Pasar Pinasungkulan Karombasan). J. Zootec. 39(2): 194 – 202.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet : bandung.
Sulistyani, E., dan Sumarni, S. 2018. Karakteristik dan Potensi Varietas Mangga Arum Manis di Indonesia. Buletin Agrohorti, 10(3): 234-245.
Widyantari, Ni Kadek Sri dan Suparna, Gede. 2016. Peran Tingkat Pendidikan Memoderasi Citra Merek Dengan Preferensi Merek Lampu Philips LED di Kota Denpasar. J. Manajamen Unud. 5(5): 2928 – 2855.



